17 June 2013

Tindakan Rutin dalam Pemeliharaan Akuarium Air Tawar

            Dalam pemeliharaan rutin  akuarium air tawar dirumah rumah kalain sangat penting. Hal ini bertujuan untuk  membantu menjaga akuarium tetap bersih dan sehat bagi semua komunitas di dalamnya baik itu biota ataupun tanaman air. Dalam pemeliharaan rutin tersebut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut meliputi tindakan sebagai berikut.

1. Penggantian air

           Hal yang pertama perlu diperhatikan dalam pemeliharan akuarium air tawar secara rutin adalah mengenai perubahan air. Penggantian air merupakan bagian terpenting dari pemeliharaan rutin. Seiring waktu air mengumpulkan lebih banyak dan lebih kontaminan seperti nitrit, amonia dan nitrat terlalu banyak. Untuk menyingkirkan ini kita lakukan penggantian air. Berapa banyak yang harus dilakukan dan ketika Anda melakukannya bisa diperdebatkan dalam pengalaman saya perubahan air kecil lebih sering adalah yang terbaik. Jadi jauh lebih baik untuk melakukan perubahan air mingguan 10% dari perubahan air bulanan 40%. Alat-alat yang dibutuhkan untuk perubahan air cukup sederhana. Yang Anda butuhkan adalah ember dan tabung. Dalam akuarium ditanam kerikil bersih tidak diperlukan dan benar-benar dapat berakibat buruk untuk digunakan. Ketika menambahkan air mencoba dan membuatnya sama dengan suhu air tangki karena terlalu meminimalkan shock pada ikan.

2. Tanaman Pemangkasan

          Seperti yang Anda tahu tanaman yang tumbuh yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan sehingga perlu adanya pemangkasan teratur. Untuk melakukan ini semua yang Anda butuhkan adalah sepasang gunting. Dianjurkan agar Anda menemukan gunting bahwa Anda hanya akan digunakan untuk pemangkasan dan tidak ada lagi.

3. Filter / pompa / Pembersihan powerhead
 
          Langkah selanjutnya dalam tindakan secara rutin pemeliharaan akuarium  air tawar adalah filter. Seiring waktu filter dan pompa dan powerheads akan mengumpulkan massa gunk. Hal ini baik untuk membersihkan gunk ini keluar setiap 3-4 minggu. Hanya mengambil semua bagian dan bilas dengan air. Jangan sekali-kali  menggunakan bahan kimia apapun karena akan berdampak fatal.

4. Pemeliharaan Mingguan Lainnya
             Perawatan mingguan lainnya yang diperlukan dan cukup mudah dilakukan pada waktu yang sama seperti perubahan air Anda. Kliring air dan gesekan dari bahwa ganggang menisik adalah hal utama yang harus dilakukan. Untuk melakukan kliring air saya hanya mengambil jaring ikan dan mengumpulkan semua daun mengambang dan omong kosong tanaman lainnya. Untuk ganggang menggores saya menggunakan pada algea yang berfungsi mengikis gelas bersih dari ganggang. Jadi, dengan berbagai pemeliharaan rutin tersebut dijamin akuarium air tawar Anda akan bersih dan Indah.



Reaksi:

1 komentar: