25 June 2013

Berbagai Fungsi Filter dalam Aquascape Aquarium Air Tawar


Sekarang ini salah satu hobi yang sedang di gandrungi serta diminati oleh anak muda maupun orang tua adalah hobi Aquascape dalam aquarium air tawar. Memang diakui hobi ini sudah dikenal dan popular di banyak kalangan. Akan tetapi seiring dengan perkembangan pola pikir manusia maka, hobi satu ini mengalami perkembangan yang cukup pesat baik itu model ataupun biota di dalamnya sehingga dipastikan menambah minat penggemarnya. Hobi ini juga mempunyai fungsi sebagai penghilang rasa stress dan kebosanan. Mengapa disebut demikian karena dengan melihat suasana tersebut seolah-olah kita berda di alam aslinya sehingga kita akan merefresh sejenak pikiran kita. Dalam perkembanganya dalam menjalani hobi ini banyak yang melakukan kesalahan khususnya dalam pemakaiaan filter atau penyaring  itu sendiri. Filter sendiri memiliki fungsi dan jenisnya bermacam-macam. Untuk  jenis filter sendiri seperti filter canister, filter hang on, filter internal, filter sump dan undergaravel filter. Nah berikut ini akan dijelaskan secara umum fungsi filter pada Aquarium air tawar.
1.      Filter sebagai fungsi mekanik
Maksudnya dari filter sebagai fungsi mekanik dalam Aquarium air tawar adalah filter tersebut mempunyai fungsi menyaring atau filterisasi debua atau kotoran dengan cara meneruskan ataupun mengalirkan air Aquarium melalui kapas atau spons. Kita ketahui sendiri debu atau kotoran ini dapat membuat air menjadi keruh serta kaca menjadi kotor. Selain itu, kotoran dan debu ini dapat menganggu proses fotosintesis tumbuhan karena menutupi  dan menghalangi daun dalam menyerap cahaya dan nutrisi.
2.      Filter sebagai fungsi kimia
Karena kita ketahui sendiri filter yang berada dalam Aquarium air tawar ini juga ada yang menggunakan media kimia sebagai filterisasinya yaitu dengan zat zeolid, karbon dan zat lainya. Akan tetapi perlu diingat dalam penggunaan jenis ini hanya diperbolehkan pada awal-awal aquascape yaitu sekitar 1-2 bulan. Karena apabila terlau berlebihan bukan hasil yang di dapatkan melainkan malah bisa menjadi racun karena kita ketahui sendiri zat kimia ini bila digunakan dalam jangka waktu lama mengandung zat yang berbahaya.
3.      Filter sebagai fungsi biologis

Maksudnya disini adalah fungsi ini bisa disebut sebagai fungsi utama dari filter sendiri karena filter disini mempunyai peranan dalam menjaga kestabilan air dalam Aquarium air tawar sehingga proses penyaringan dan kebersihan air harus selalu terjaga agar baik itu tanaman dan berbagai biota di dalamnya akan betah dan terhindar dari kematian. 

Reaksi:

4 komentar: