28 June 2013

Memelihara Udang Hias dalam Aquarium Air Tawar


Akurium air tawar merupakan salah satu Aquarium yang sekarang ini mulai digandrungi banyak kalangan. Hal ini karena  kita ketahui manusia sibuk dengan aktifitas sehari-hari sehingga butuh hiburan. Oleh karena itu, dengan adanya Aquarium air tawar ini dirasa dapat menghilangkan rasa stress dan kebosanan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangannya, sekarang ini jenis Aquarium  tidak hanya digunakan  untuk menyalurkan hobi saja tetapi dijadikan suatu ladang bisnis. Salah satu hewan hias yang memiliki harga jual tinggi adalah udang hias. Memang udang hias ini diakui sangat indah dan bagi yang melihatnya akan tertarik keindahanya. Berikut ini empat hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara udang hias dalam Aquarium air tawar Anda.
1.      Aquarium
Langkah pertama dan utama adalah memiliki akauarium, Aquarium ini ini merupakan hal wajib karena tempat utama dalam pemeliharaan udang tersebut. Aquarium tersebut juga harus ditentukan ukuranya ,apakah kita ingin memelihara dalam jumlah banyak atau tidak sehingga ukuran Aquarium sangat berpengaruh penting untuk kedepanya.
2.      Filter yang memadai.
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan  sebelum memelihara udang hias dalam Aquarium air tawar Anda adalah filter yang memadai serta suasana Aquarium yang bersih dan sehat. Kita ketahui sendiri filter merupakan alat yang dgunakan untuk untuk mengatur tingkat kebersihan air dan mengganti air secara berkala. Oleh karena itu, filter yang digunakan adalah filter yang baik dan benar-benar mempunyai kualitas yang baik dalam proses penyaringan.
3.      Tidak menambahkan tanaman kotor baru
Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat keruh dalam air karena kita ketahui sendiri bila kita memlihara tanaman yang kurang bersih dan praktis hasil yang didapat kurang maksimal karena kita ketahui sendiri udang hias sangat suka dengan tempat yang bersih. Selain itu, tanaman yang kotor tersebut bukan malah menambah rasa keindahan di dalam Aquarium Anda tetapi semakin menambah masalah baru sehingga biota lain di dalamnya pasti akan terganggu.
4.      Tidak menambahkan terlau banyak zat adiktif

Hal yang perlu diperhatikan yang terakhir sebelum memelihara udang hias dalam Aquarium air atawar adalah mengurangi penggunaan zat adiktif. Memang pada awalnya jenis zat ini sangat membantu dalam perawatan atau pemeliharaan udang hias. Akan tetapi, lama –kelamaan jenis zat tersebut dapat membuat udang tersebut akan merasa stress dan akhirnya mati. Kita ketahui sendiri zat adiktif ini merupakan salah satu zat kimia sehingga dalam penggunaanya kita harus teratur dan sesuai dengan kebutuhan.

Reaksi:

3 komentar:

  1. sudah banyak macam udang hias, namun harganya,, masih mahal mahal, bagus jika kita punya aquascaping, pasti akan sangat cantik didalamnya

    ReplyDelete