21 June 2013

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Hobi Aquarium Air Tawar

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Untuk Hobi Aquarium Air Tawar

Seiring perkembangan era modernisasi dan zaman yang semakin berubah ini. Kita selalu dituntut untuk selalu bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi, dalam perjalananya mesti kita akan diliputi kebosanan dan merasa stress. Oleh karena itu, sekarang ini terdapat salah satu hobi yang cukup digemari untuk para pekerja. Hobi tersebut adalah Aquarium air tawar. Memang untuk Aquarium  jenis ini sudah banya dikenal orang tetapi untuk jenis Aquarium ini cukup sulit dalam  memeliharanya sehingga diperlukan ketelitian dan kejelian dalam memelihara Aquarium jenis ini. Aquarium jenis ini lebih menekankan suasana air dan alam dengan berbagai keindahan didalamnya seolah-olah berada di dalam rumah Anda sehingga dapat dipastikan rasa stress serta kebosanan dapat diatasi. Nah, sekarang ini banyak orang yang mencoba hobi tersebut tapi selalu gagal. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang harus dihindari. Berikut ini hal-hal yang harus dihindari dalam hobi Aquarium air tawar.
1.      Memberikan makan yang terlalu berlebihan atau tidak sesuai aturan terhadap ikan dan biota air. Dalam hal ini kita harus berhati-hati kita memberikan makan terhadap ikan atau biota air harus sesuai prosedur. Untuk ikan sendiri dalam sehari diberi makan 2 kali. Hal ini untuk menghindari penumpukan makanan terhadapa ikan. Selain itu, bagi tumbuhan air lebih rumit lagi dalam pemberian nutrisi kita harus jeli baik itu dalam pengaturan suhu ataupun kadar karbondioksida di dalamnya.
2.      Kurang Teliti dan Sabar. Memang tidak ada yang mudah dalam kehidupan ini begitupun hobi Aquarium air tawar ini. Kita harus sabar baik itu merawat maupun menata Aquarium. Karena kita ketahui penyebab utama kegagalan dari hobi ini rasa tidak sabar dan ingin mendapatkan hasil cepat sehingga bukan hasil yang didapat tetapi malah kegagalan..
3.      Kapasitas yang ada dalam Aquarium terlalu berlebihan. Hal ini menyebabkan ruang gerak ikan atau biota air yang ada dalam Aquarium air tawar ini akan terhambat sehingga akan menyebabkan kematian bagi ikan dan biota di dalamnya.
4.      Kurang selektif dalam memilih organisme yang kita pelihara. Dalam membeli biota atau organisme yang lain kita harus selektif karena bila tidak organisme tersebut dapat memakan biota dan ikan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dalam memilih organisme di dalamnya kita harus mengetahui seluk beluk dari organisme tersebut sebelum anda yakin untuk memeliharanya.




Reaksi:

1 komentar: