23 June 2013

Pembasmi Alga dalam Aquarium Air Tawar Aquascape


Dalam menekuni hobi aquarium air tawar memang gampang-gampang susah kita harus benar-benar teliti dan dapat mengerti kelebihan dan kekurangan yang diperlukan. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam keberlangsungan aquarium tersebut adalah alga. Alga merupakan hama penganggu yang dapat menghambat pertumbuhan biota ataupun tanaman air dalam aquascape sehingga diperlukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Memang pada awalnya alga ini tumbuh secara sedikit akan tetapi seiring berjalan tumbuhan ini mulai memakan sari-sari dan komunitas di dalamnya sehingga dipastikan alga tersebut merupakan salah satu tumbuhan penggangu. Untuk itu dilakukan beberapa cara untuk menanggulanginya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan hewan lain untuk membasmi dan memakan hama tanaman air tersebut sehingga dipastikan aquarium Anda aman. Berikut ini beberapa makhluk hidup yang digunakan untuk membasmi alga tersebut.

1. Jenis ikan ini sering disebut dengan nama SAE (Crossocheilus siamensis), ikan ini merupakan salah satu pemakan ganggang yang berguna seperti makan benang ganggang dan alga sikat. Mereka juga makan planaria (cacing pipih) yang dapat menjadi gangguan dalam aquarium. SAE dapat sedikit teritorial dengan spesies mereka sendiri sehingga mereka mungkin terbaik disimpan baik tunggal atau sebagai kelompok dari 5 atau lebih dalam tangki besar. Jadi, dapat dipastikan aquarium air tawar Anda tetap terjaga.

2. Spesies jenis satu ini sering disebut sebagai  Yamato Numa Ebi (Caridina japonica), adalah salah satu spesies yang terbaik ganggang pemakan udang. Selain makan ganggang, juga mengkonsumsi detritus tanaman mati dan membersihkan sisa-sisa makanan. Mereka adalah pemakan yang sangat sibuk. Ukuran mereka tidak pergi lebih dari 5 cm (udang jantan sedikit lebih kecil sebesar 3,5 cm) yang membuat mereka sangat cocok untuk aquarium kecil sehingga cocok bagi aquarium air tawar Anda.

3. Bagian dari keluarga besar Loricariidae ditemukan di sungai yang bergerak cepat di sebagian besar Amerika Selatan, Otocinclus spp. adalah salah satu spesies terkecil. Octo lele tumbuh hingga 5 cm, yang membuat mereka cocok untuk aquarium kecil. Mereka biasanya berwarna cokelat dengan tubuh becorak sedikit hitam. Mereka membersihkan alga lebih baik jika dalam sebuah kelompok kecil. Otos adalah pembersih daun tanaman terbaik dan akan menghapus hampir semua ganggang dari itu tanpa merusak.


4. Melanoides tuberculata tumbuh tidak lebih dari 2 cm dan merupakan siput terbaik ke tangki aquascape! Mereka akan memakan alga, bahan tanaman mati, sisa-sisa makanan dan tidak akan memakan tanaman Anda. Alasan utama mereka disimpan dalam tangki ditanam adalah karena kemampuan mereka untuk membersihkan substrat kerikil karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka menggali melalui substrat. Jadi, jenis spesies ini cocok untuk kebersihan dan keamanan aquarium air tawar Anda.

Reaksi:

1 komentar: