18 June 2013

PROSES PENYARINGAN DALAM AQUARIUM AIR TAWAR



Aquarium air tawar merupakan salah satu hobi yang sekarang ini mulai digemari oleh banyak kalangan. Mereka menganggap bahwa hobi ini selain tidak menyita waktu juga tidak memrlukan biaya yang cukup mahal. Hal yang paling perlu diperhatikan dalam proses ini adalah kejelian dan ketelitian dalam merawat dan memelihara flora dan fauna air di dalamnya. Perawatanya pun memang susah susah gampang kita ketahui sendiri bahwa flora dan fauna laut saagat sensitif sehingga kita harus benar-benar mengerti apa yang diinginkan.
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan sebagai perawatan aquarium air laut adalah penyaringan atau filterisasi. Hal ini dilakukan selain untuk menjaga kebersihan juga membersihkan kuman-kuman yang ada di dalamnya dan yang terpenting penyaringan tersebut adalah untuk menjaga kualitas air supaya tetap bersih dan terjaga. Salah satu alat yang digunakan untuk menjaga tanaman air agar tetap sehat adalah undergravel (UGF). Alat ini memang cukup efektif dalam proses penyaringan tapi bila kita kurang berhati-hati malah akan berdampak sebaliknya. Berikut ini akan dijelaskan proses dari UGF dalam proses penyaringan dalam aquarium air laut.
Memang pada awalnya menjaga tanaman sehat dengan filter undergravel (UGF) tidak disarankan karena jenis filtrasi mengganggu pertumbuhan akar dan membatasi pilihan Anda  dan penggunaan aditif untuk akar. Jika aquarium Anda sudah diatur dengan UGF dan Anda ingin menanamnya coba praktekan. Dan jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diharapkan mempertimbangkan menonaktifkan UGF. Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika aquarium sudah berjalan untuk waktu yang lama dan ada banyak limbah terakumulasi dalam kerikil. Tetapi jika Anda sedang menyiapkan sebuah tangki baru Anda pasti harus memberikan preferensi ke filter eksternal. Untuk tank kecil, filter listrik bekerja sangat baik dan tidak terlalu mahal. Untuk tangki yang lebih besar, filter tabung adalah pilihan yang sangat baik. Filter basah-kering dan Trickle harus dihindari karena kontak yang disempurnakan air dengan udara akan menyebabkan penghapusan CO2 terlarut, dan ini adalah item penting karena kita akan lihat di bawah. Sebuah pedoman umum untuk membantu filtrasi dimensi adalah dengan menggunakan salah satu yang beredar sekitar 5 kali volume tangki per jam. Jadi tangki 120 liter harus memiliki penyaring yang beredar sekitar 600 liter / jam. Banyak kurang dari itu dan racun atau limbah dapat terakumulasi, lebih dari itu dan mungkin ada pergerakan air yang berlebihan membuat tanaman kurang nyaman. Jadi kita harus berhati-hati dan jeli dalam penggunaannya.



Reaksi:

1 komentar: