24 June 2013

Hal-Hal yang Diperhatikan Dalam Merawat Tanaman Air Aquarium Air Tawar Aquascape


Hobi aquarium air tawar merupakan salah satu hobi yang sekarang mulai digandrungi oleh banyak kalangan. Mereka mengganggap dengan hobi tersebut dapat menghilangkan stress dan rasa bosan. Selain itu, hobi ini dapat menghadirkan suasana alam berada disekitar ruangan rumah kita. Di dalam aquarium tersebut terdapat berbagai komunitas baik itu ikan ataupun tanaman air. Kita ketahui sendiri untuk perawatan ikan cukup mudah yaitu dengan memberi makan secukupnya dan perawatan yang rutin sedangkan untuk tanaman laut sendiri memang cukup sulit karena diperlukan ketelitian yang cukup jeli dan efektif karena bila kita kurang berhati-hati akan mati. Memang diakui tumbuhan air rentan kematian sehingga perlu diperhatikan perlakuan khusus agar tumbuhan air tetap bertahan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tumbuhan air agar selalu sehat.
1.      Tangki
Kita ketahui sendiri tangki ini memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Untuk tangki yang baik adalah tangki yang tidak terlalu tinggi. Hal ini bertujuan untuk tanaman agar mendapat pencahayaan secara langsung sehingga tanaman tersebut dapat melakukakn pernafasan secara sempurna. Karena kita ketahui sekarang ini banyak orang tanpa memikirkan hal ini mereka cenderung dengan tangki yang terlalu tinggi sehingga cahaya yang masuk kurang. Oleh karena itu, tanaman tidak dapat berkembang secara normal.
2.      Penerangan
Di dalam aquarium air tawar penerangan bagi tanaman air sanagt diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta sinar dalam tangki tersebut sehingga tanaman di dalamnya akan berkembang dengan baik dan sesuai dengan keinginan. Tetapi perlu diingat dalam pencahayaan ini jangan terlalu berlebihan karena malah nantinya berdampak buruk pada tanaman air tersebut.
3.      Penyaringan
 Perawatan tanaman air di aquarium air tawar dalam proses penyaringan harus dipikirkan secara matang. Memang bagi biota lainya penyaringan ini memberikan manfaat yang cukup besar. Akan tetapi, bila penyaringan ini dilakukan bagi tanaman laut kita harus berfikir sejenak tentang dampak yang diakibatkan. Karena kita tahu sendiri penyaringan tersebut menghilangkan zat CO2 dan limbah yang sangat dibutuhkan tanaman laut sehingga untuk menyiasatinya tersebut dalam penyaringan kita lakukan secara bertahap.
4.      Nutrisi

Dalam aquarium air tawar tanaman air ini juga sama dengan biota yang hidup di dalamnya yaitu memerlukan nutrisi. Nutrisi disni bukan berupa makanan ataupun minuman tetapi membutuhkan berbagai zat yang dibuthkan seperi nitrogen, fosfor dan kalium. Nutrisi tersebut didapatkan dari pupuk khusus yang bernama macronutrients. Dari beberapa tersebut diharapkan taman air anda tetap sehat dan hidup. 

Reaksi:

1 komentar: