31 October 2011

Aquarium air tawar,- hobi yang menjadi tradisi


Desain Aquarium Air Laut - Coba perhatikan sejenak sekeliling lingkungan tempat anda tinggal. Bila dicermati dengan lebih teliti, maka anda akan menemukan berbagai ukuran aquarium air tawar yang dimiliki oleh berbagai golongan. Ya, aquarium sudah menjadi suatu hobi yang sangat memasyarakat di Indonesia, bahkan dapat disebut sebagai suatu budaya. Dalam arti, bila seorang ayah memelihara ikan dalam aquarium, maka sangat besar kemungkinan bahwa anaknya suatu hari nanti juga akan melakukan hal yang sama. Ikan air hias tawar seringkali dijadikan hewan peliharaan utama, karena memelihara ikan dinilai lebih mudah karena tidak rewel, berisik, maupun bau.  Maka tidaklah heran bila toko ikan hias aquarium air tawar dan bengkel kaca pembuatan aquarium menjamur dimana-mana.
Aquarium konvensional, sangat merepotkan dalam segi perawatan

Selain karena faktor kemudahan, faktor lain yang sangat mempengaruhi adalah kekayaan alam Indonesia. Berdasarkan catatan dari Wikipedia, Indonesia memiliki 5.590 sungai utama, 95 danau besar, dan tak terhitung banyaknya perairan kategori lainnya. Hal ini berimplikasi terhadap banyaknya jumlah spesies ikan air tawar yang ada di Indonesia. Saat ini, sudah tercatat 1155 spesies ikan air tawar yang dimiliki Indonesia, dan 440 diantaranya adalah ikan endemic.
Melanotaenia irianjaya- salah satu ikan hias endemik Indonesia

 Selain karena aspek geografis & hobi , aquarium air tawar juga menjamur dengan berbagai alasan lain seperti kepentingan estetika, feng shui, kepentingan arsitektur (seperti untuk memisahkan ruangan dan mengisi tempat yang kosong), ataupun untuk mengajarkan si kecil mengenai lingkungan.
Salah satu contoh aquarium yang digunakan untuk memisahkan kedua ruangan, hasil dekorasi Entropis Aquatic

Dari sisi perawatan, aquarium air tawar sama sekali tidak merepotkan.  Bila suatu aquarium hanya berisi ikan, maka perawatannya cukup dengan memberi makan ikan dan mengganti airnya secara rutin. Bila ini masih dirasa merepotkan, maka aquarium air tawar aquascape dapat menjadi solusinya. Dengan tanaman air yang ada di dalamnya, maka aquarium anda tidak akan menjadi keruh, dan bila ditinggal cukup lama sekalipun, ikan-ikan di dalamnya tidak akan sampai mati karena fungsi dari tanaman air sebagai produsen tingkat pertama dalam rantai makanan. Tanaman air yang ada pun akan terus berkembang biak sehingga tidak perlu repot untuk terus membeli tanaman air.
order-now-button

0 komentar:

Post a Comment